• Young Birdwatchers To Birding Competition

    "Berlomba-lomba mengintip burung di padang savana."


    Tiga tim pengamat burung muda (3 orang/tim) yang terdiri dari perwakilan Transformasi Hijau (TRASHI), Teens Go Green (TGG), dan Jakarta Birdwatcher Society (JBS) akan mengikuti lomba pengamatan burung, 2nd Annual Baluran-PLN Birding Competition, 2011 di Taman Nasional Baluran, Jatim pada 13-17 Juli 2011 mendatang.

    Kompetisi tingkat nasional ini, akan diikuti oleh kurang lebih 80 tim (kurang lebih 250 orang) pengamat burung (birdwatcher) dari seluruh nusantara.

    Afrika di timur pulau Jawa

    Photo by: http://indonesia-guidebook.blogspot.com/

    Taman Nasional Baluran terletak di sebelah utara kota Banyuwangi tepatnya di Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.

    Taman Nasional ini juga sering disebut 'Afrika' Indonesia karena didominasi oleh vegetasi savana. Keanekaragaman hayati yang terdapat di dalam kawasan ini cukup tinggi, setidaknya terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, dan 155 jenis burung termasuk diantaranya adalah burung yang statusnya dilindungi, yaitu burung merak (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus), kangkareng (Anthracoceros convecus), rangkong badak (Buceros rhinoceros), dan bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus).

    Partisipasi TRASHI, TGG, dan JBS pada kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pendidikan lingkungan. Jadi selain berkompetisi, juga akan belajar tentang keanekaragaman hayati di TN. Baluran, khususnya burung.

    Tentunya hal ini akan makin memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam pengamatan burung yang selama ini rutin dilakukan di beberapa Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta.

    Jadi tunggu cerita kami selanjutnya.
    (Putri Ayusha)
  • 0 comments:

    Post a Comment