Rayakan Hari Bumi, Teens Go Green Ajak Puluhan Pemuda Ikuti Petualangan Zerowaste

Peserta Amazing Earth Race Teens Go Green

Puluhan pemuda dari Sekolah Rakyat Ancol dan Green Leaders Teens Go Green Indonesia meramaikan Hari Bumi pada Sabtu, 27 April 2019 dengan mengadakan Amazing Earth Race bertemakan “Protecting Our System through Zerowaste Ecotourism” di lokasi wisata Taman Impian Jaya Ancol. Kegiatan ini bertujuan menerapkan aktivitas zerowaste (bebas sampah) dalam berwisata dan berpetualang bagi para peserta. Petualangan berisi berbagai permainan yang menyenangkan dan mengedukasi peserta seputar keanekaragaman hayati dan ekosistem.

Ada permainan petualangan seperti transaksi jual beli untuk mengamati kebiasaan peserta memilih wadah di Ecopark, memanfaatkan limbah tekstil seperti baju bekas menjadi tote-bag di Pasar Seni, membuat eco-enzym dari sampah yang mereka hasilkan, dan melakukan riset tentang berapa jumlah sampah yang telah peserta lakukan. Petualangan berakhir di Seaworld dengan melihat pemahaman peserta tentang permasalahan ekosistem dengan permainan kartu.

Peserta mencari kata hewan dan tumbuhan dalam sesi Word Finding
Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah wisatawan pariwisata dari tahun ke tahun. Tentunya hal ini memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi. Di sisi lain, sektor pariwisata juga memberikan dampak negatif dari perilaku wisatawan yang banyak menghasilkan sampah karena minimnya kesadaran dalam menjaga lingkungan.

Teens Go Green Indonesia sebagai organisasi  pengembangan kepemudaan yang bergerak di bidang lingkungan menyadari bahwa Hari Bumi 2019 perlu dirayakan dengan meningkatkan kesadaran pemuda untuk menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dalam menjaga lingkungan. Yuk kawan, jadi wisatawan sadar sampah ya!

Peserta diajak membuat ecoenzyme dari sampah organik makan siang yang dihasilkan

Peserta berfoto di depan seaworld Ancol

Peserta mengajak pengunjung seaworld Ancol untuk mendukung kampanye pengurangan plastik


No comments:

Post a Comment