Bermain dan Belajar Bersama di Camping Under The Sea


Pagi itu dengan masih dengan suasana liburan menyambut beberpa peserta dengan beberapa orangtua yang mengantarkan anaknya dengan harapan yang akan mengikuti Camping Under The Sea bisa enjoy dan menikmati disetiap alur kegiatan. Satu per satu peserta datang dan dengan pengenalan singkat saya sebagai fasilitator mereka berusaha menyapa dengan akrab agar mereka merasa nyaman saat melakukan beberapa kegiatan dua hari kedepan. Tidak disangka saya bertemu dengan peserta dari berbagai usia dari 6-12 tahun yang pastinya karakter dan perilaku yang mereka miliki berbeda – beda.

Hari pertama kegiatan tepatnya 6 Juli 2019 terasa begitu menyenangkan, ada yang merasa sangat gembira ingin menjelajahi Ocean Dream Samudera, ada juga yang tidak sabar untuk bertemu dengan pinguin disana, dan juga ada yang sedih karena mereka harus berpisah dengan orangtua mereka untuk sementara waktu. Memang tidaklah mudah mendampingi peserta dengan berbagai karakter yang berbeda-beda, namun semuanya membuat saya banyak belajar dari bagaimana saya harus membuat mereka untuk tetap semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan gembira. Dan tidak lupa juga saya berusaha menanamkan perilaku peduli kepada peserta selama kegiatan berlangsung agar membuang dan memilah sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Disaat jam istirahat dimana para peserta sedang beristirahat dan makan siang, dan disaat inilah saya harus meningkatkan pengawasan terhadap peserta karena disaat jam istirahat banyak pengunjung yang juga sedang berwisata di Ocean Dream Samudra sehingga saya memiliki kecemasan terhadap peserta yang tiba-tiba menghilang. Namun ternyata peserta selalu memberitahu saya kemana mereka akan pergi dan selalu meminta pengawasan dari saya, dari situlah saya harus benar-benar bisa mengatur waktu dan peran yang dimana saya harus menunaikan kewajiban saya untuk beribadah dan juga melaksanakan tugas untuk mendampingi ketika mereka ingin pergi ke sutau tempat entah ke toilet maupun membeli sesuatu.


Setelah istirahat kami melanjutkan rangkaian kegiatan dari menonton cinema 5D, mengenal lebih dalam mengenai lumba-lumba, jenisnya hingga perawatannya dan pelatihannya, dan juga menonton show anjing laut hingga belajar pengetahuan tentang anjing laut dan juga tidak lupa kami memberi makan pinguin dan juga berkenalan langsung dengan lumba -lumba. Semuanya berjalan dengan lancar dan para peserta punterlihat sangat senang menikmati rangkaian kegiatan tersebut.

Malam pun telah tiba dan saatnya kami membangun tenda didalam Sea World untuk tempat peristirahatan kami. Sangat menyenangkan bisa mendirikan tenda bersama peserta yang dimana saya harus mengarahkan agar tenda bisa berdiri dengan kokoh. Dan para peserta pun dengan semangat dan kompak untuk mendirikan tenda bersama. Setelah tenda terbangun, tibalah saat dimana kami melakuka treasure hunt, disinilah saya harus kembali menyemangati para peseta unuk tetap selalu kompak dan saling menyemangati satu sama lainnya.

Dan pada hari kedua dimana hari terakhir kami melakukan rangkaian kegiatan Camp Under The Sea diatas perahu dan melakukan konservasi kerang hijau dengan cara menebarkan kerang hijau di beberapa titik secara merata disekitar pantai ancol agar air laut disekitar wilayah tersebut tetap bersih. Dan setelah seluruh rangkaian kegiatan berakhir kami tidak lupa sebagai fasilitator juga memastikan agar para peserta kembali kepada orang tuanya dengan selamat.
 
 
Sangat menyenangkan berkegiatan dengan para peserta yang masih tergolong anak – anak sehingga melatih perasaan saya untuk bisa lebih halus, peka dan juga selalu sabar disetiap kegiatan berlangsung demi kenyamanan mereka dalam menjalankan rangkaian kegiatan. Dan tidak lupa juga saya bisa belajar dan mengenal lebih dalam terkait hewan – hewan laut yang ada di Ocean Dream Samudera dan Sea World secara langsung dan juga senang rasanya bisa mendapatkan banyak teman – teman baru baik sesama fasilitator maupun panitia yang terlibat. (@bamsutris/TGG)

Penulis : Alvira Novitasari, anggota Teens Go Green 2019

No comments:

Post a Comment