Musika Foresta : Musik untuk Hutan Indonesia

 

Gerakan Hutan Itu Indonesia akan menggelar konser musik Musika Foresta #DiRuangMaya pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020. Konser yang berlangsung pada pukul 19.00-21.00 WIB ini digelar secara virtual melalui kanal Youtube Hutan Itu Indonesia. Ini merupakan penutup bagi rangkaian Festival Hutan Kita Juara yang dilaksanakan oleh Gerakan Hutan Itu Indonesia dalam rangka merayakan Hari Hutan Indonesia perdana pada tanggal 7 Agustus 2020 lalu.

Ardhito Pramono, Danilla, Astrid, Mario Ginanjar, Achi Hardjakusumah dan Asido Manullang, Kunokini, Alam Urbach dan Natasha Urbach, serta Ibee Music adalah sejumlah musisi Indonesia yang menyuarakan rasa cinta mereka pada kekayaan dan keindahan hutan Indonesia melalui Musika Foresta nanti. Selain itu, konser virtual ini akan dikawal oleh Rian Ibram sebagai MC-nya, dan Sakdiyah Ma’ruf hadir untuk menyampaikan pernyataan cintanya pada hutan lewat stand up comedy.

“Musika Foresta merupakan puncak perayaan Festival Hutan Kita Juara yang sejak Agustus 2020 didukung oleh lebih dari 140 kolaborator dari berbagai organisasi dan komunitas anak muda, serta lebih dari 250 pasukan sukarelawan digital dari berbagai kota di Indonesia. Di kesempatan ini, kami juga akan mengumumkan hasil dari urun dana publik untuk #AdopsiHutan yang sudah dilakukan melalui platform Kitabisa,” jelas Andre Christian, Ketua sekaligus salah satu inisiator Gerakan Hutan Itu Indonesia dalam keterangan pers yang diterima Akurat.co, Jumat (30/10/2020).

“Dana #AdopsiHutan yang terkumpul sampai dengan tanggal 31 Oktober nantinya akan disalurkan ke sebelas hutan desa/hutan adat. Luas hutan yang diadopsi mencapai sekitar 10 ribuan hektar dan dikelola secara bersama oleh empat lembaga lokal, yaitu Forum Konservasi Leuser, KKI WARSI, Yayasan ASRI, dan PROFAUNA,” tambah Andre.

Sebelum Musika Foresta digelar, kegiatan lainnya dalam perayaan Festival Hutan Kita Juara adalah Cerita Dari Hutan, Kalori untuk Hutan, Pesona Hutan, dan berbagai kegiatan interaktif lainnya yang berupaya menjangkau anak muda dari berbagai kota strategis. Selama pandemi Covid-19, seluruh kegiatan gerakan difokuskan secara virtual. Jadi, tanpa perlu datang ke hutan, anak muda tetap dapat berekspresi dan menyuarakan pentingnya hutan Indonesia dari kamar masing-masing.

Musika Foresta tahun ini menjadi bagian dari kegiatan Climate Diplomacy Week yang diselenggarakan oleh European Union mulai dari tanggal 24 Oktober hingga 6 November 2020 dengan mengangkat tema “Act Today For Our Tomorrow”.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Bapak Vincent Piket mengatakan, kelestarian hutan sangatlah berpengaruh pada perubahan iklim yang menjadi tantangan sangat besar bagi bumi. Untuk itu, semua harus berteriak menuntut pemerintah dan semua sektor untuk beraksi bersama sekarang.

"Kelompok pemuda dan masyarakat sipil di seluruh dunia telah berteriak lantang soal perubahan iklim. Mereka menuntut pemerintah, sektor swasta, dan kita semua untuk beraksi. Tidak diragukan lagi, kita harus segera beraksi sekarang, demi masa depan kita," kata Vincent Piket.

Konser virtual Musika Foresta dapat dinikmati secara gratis melalui kanal Youtube Hutan itu Indonesia. Caranya, cukup daftarkan diri ke loket.com/event/musikaforesta untuk dapat menonton serta mendapatkan suvenir cantik berupa kain tenun, baju, buku, album, dan tas yang ditandatangai oleh para musisi. Hadiah didapatkan melalui undian saat konser berlangsung.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi akun instagram @hutanituid maupun website www.hutanitu.id/musikaforesta.



Posting Komentar

0 Komentar