Aksi Pemuda untuk Lingkungan


        Teens Go Green Indonesia dalam RBT episode 13 mengangkat tema “Aksi Pemuda untuk Lingkungan” yang dipandu oleh Dede Veriyanto sebagai perwakilan dari Teens Go Green Indonesia dan narasumber yaitu Sindy Oktaviana dari Treehome Indonesia. Kak Sindy merupakan ketua cabang yang berada di Jakarta. Treehome Indonesia sendiri merupakan sebuah komunitas atau organisasi yang bergerak dibidang lingkungan dan sosial yang merupakan wadah bagi generasi muda Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan lingkungan sekitar. Berdirinya Treehome Indonesia dipelopori oleh alumni IPB yaitu Aurelia Aranti Vinton dan Atfi Indriyani Putri yang merasakan keresahan terhadap lingkungan sekitar kita yang perlu mendapatkan perhatian khusus sehingga diperlukan sebuah aksi nyata bagi lingkungan. Dengan mengusung konsep “Talking and Taking Action for Nature” maka organisasi ini resmi didirikan pada tanggal 9 Mei 2020. Dengan logo bergambar rumah dan pohon yang memiliki filosofi rumah sebagai tempat kita singgah dan kembali pulang sedangkan pohon sebagai tempat berteduh yang menyejukkan dengan harapan Treehome Indonesia dapat menjadi tempat dimana kita dapat menebar kebaikan bersama-sama. 

Treehome Indonesia memiliki 9 cabang yaitu bertempat di Bogor, Jakarta, Indramayu, Solo, Palembang, Padang, Surabaya, Yogyakarta dan Bali. Struktur kepengurusannya sendiri yaitu terdiri dari kepengurusan pusat yang terpusat di Treehome Indonesia dan kepengurusan daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan pada pertengahan tahun 2021 akan dibuka open recruitment pada 33 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Treehome Indonesia mengusung tiga program utama diantaranya, E-Insight: Environmental Insight yang berfokus dalam hal berbagi wawasan mengenai lingkungan yang diadakan melalui seminar (offline) ataupun webinar (online) dengan menghadirkan pakar dan influencer di bidang lingkungan. E-News: Environmental News yang berfokus dalam mengedukasi masyarakat mengenai isu-isu lingkungan terkini. E-School: Environmental School yang berfokus memberikan edukasi secara langsung terkait lingkungan dengan sasaran utamanya yaitu anak-anak TK dan SD melalui volunteer mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menyikapi kondisi pandemi COVID-19 ini Treehome Indonesia memiliki tantangan dalam melakukan program kerjanya terutama yaitu pada E-School karena program ini berfokus dalam memberikan edukasi lingkungan kepada anak-anak TK dan SD sehingga para volunteer juga harus terjun ke lapangan secara langsung untuk memberikan edukasi tersebut. Namun hal itu tidak menjadikan halangan bagi Treehome Indonesia di kala pandemi ini, untuk menyikapi hal tersebut maka Treehome Indonesia mengadakan acara webinar terkait isu lingkungan seperti kebakaran hutan ataupun sampah, juga perlombaan seperti essay, vidiografi dan fotografi yang bertema lingkungan. Tidak hanya itu Treehome Indonesia juga telah mengadakan pelatihan workshop seperti membuat lukisan dari sampah. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dikala pandemi.

Langkah kedepan yang akan dilakukan oleh Treehome Indonesia yaitu dengan melakukan aksi penanaman pohon mangrove yang akan dilakukan di kepulauan seribu, pelatihan penanaman hidroponik dan juga membuat desa binaan yang memiliki lingkungan asri. Menurut Kak Sindy salah satu hal efektif  yang dapat dilakukan oleh pemuda untuk menyebarkan informasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan yaitu dengan memberikan aksi nyata kepada masyarakat secara langsung baik itu melalui bentuk edukasi ataupun hal yang lainnya karena jika kita tidak bersahabat dengan lingkungan maka lingkunganpun tidak akan bersahabat dengan kita. Hal ini harus terus dilakukan, mengingat banjir bandang menjadi isu lingkungan yang paling urgent di awal tahun 2021 ini.

            Selain itu awal tahun 2021 juga tengah digemparkan oleh isu lingkungan yaitu mengenai laut yang mengembalikan sampah melalui gelombang pasang. Menurut Kak Sindy hal itu merupakan sebuah masalah yang perlu diperhatikan karena di laut sendiri terdapat ekosistem yang perlu dijaga dan sebagai  pemuda maka kita diharapkan dapat memberikasn sebuah aksi nyata terutama dalam mendisiplinkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah ataupun dimulai dari diri kita sendiri seperti mengurangi penggunaan sampah plastik, menanam pohon dan lain sebagainya.

 Dari sini dapat kita simpulkan bahwa peran pemuda terhadap lingkungan sangatlah besar. Pemuda diharapkan dapat memberikan sebuah aksi nyata baik itu kepada masyarakat ataupun kepada lingkungan sekitar. Hal ini dapat dilakukan mulai dari diri kita sendiri seperti mengurangi penggunaan sampah plastik dan lain sebagainya. Jika bukan kita yang menjaga lingkungan maka siapa lagi?.

Posting Komentar

0 Komentar