Lomba Desain Kaos dan Tote Bag tentang Anak Muda dan Krisis Iklim

Kaum muda memegang peranan penting dalam gerakan perubahan. Menurut hasil Sensus Penduduk tahun 2020, penduduk Indonesia didominasi oleh kaum muda dimana 75,49 juta atau 27,94% adalah generasi Z dan 69,38 juta atau 25,87% adalah generasi millennial. Jumlah yang signifikan tersebut menjadi harapan akan periode emas Indonesia dalam 20-30 tahun mendatang.

Teens Go Green Indonesia percaya memberikan ruang kaum muda untuk tumbuh melalui edukasi lingkungan dan menjadi aktor penggerak sebagai ‘Virus Cinta Lingkungan’ adalah salah satu kontribusi kaum muda dalam mempersiapkan era emas Indonesia di tahun 2045 mendatang. Sayangnya, wadah ini belum begitu luas dan masih banyak kaum muda yang belum tau dan paham kontribusi seperti apa yang bisa mereka hadirkan.

Masalah lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi kita kaum muda akan nasib di masa mendatang. Puncaknya adalah krisis iklim yang tengah kita rasakan saat ini dengan hadirnya berbagai bencana yang menimpa tanah air hampir sepanjang tahun.

Teens Go Green Indonesia berpandangan bahwa kaum muda memiliki peran penting untuk menyuarakan hak-haknya atas masa depan yang akan dihadapinya di masa mendatang. Untuk itu, kami mencoba memberikan ruang bagi kaum muda beraksi menjadi solusi bagi krisis iklim yang tengah dirasakan melalui aksi iklim (climate action) dalam adaptasi menghadapi perubahan iklim dan permasalahan lingkungan yang terjadi (climate adaptation) melalui kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas, konsultasi publik dan penyadartahuan yang menghadirkan kaum muda untuk terlibat dan paham mengenai krisis iklim yang tengah terjadi.

Harapannya, melalui keterlibatan lebih banyak kaum muda dari berbagai lintas isu, region, hingga minat dan profesi yang sadar akan isu krisis iklim ini bisa memberikan ruang tersendiri bagi kaum muda untuk dilibatkan dalam pengambilan keputusan baik di skala nasional hingga global demi terciptanya kebijakan yang berpihak pada keberlanjutan lingkungan Indonesia di masa depan.

Tema : Anak Muda dan Krisis Iklim

Persyaratan Umum :
  1. Peserta adalah anak muda Indonesia usia pelajar, mahasiswa, hingga usia 24 tahun di Indonesia yang masih aktif dan dibuktikan dengan melampirkan scan Kartu Tanda Pelajar, KTP, atau Kartu Tanda Mahasiswa saat mendaftar;
  2. Peserta bersifat individu;
  3. Setiap individu diperkenankan mengirimkan 2 karya, namun hanya 1 yang berhak untuk dimenangkan;
  4. Desain yang dikirimkan adalah original, karya sendiri, bukan hasil plagiasi, dan belum pernah memenangkan perlombaan sejenis, belum pernah diterbitkan atau tidak sedang diikut sertakan dalam lomba.
  5. Desain yang diterima panitia akan menjadi milik panitia. Panitia berhak menggunakan karya desain yang terpilih sebagai media kampanye Anak dan Perubahan iklim dengan menyertakan nama creator.
  6. Mengikuti tata cara perlombaan yang ditetapkan.
  7. Mengisi form pra-registrasi disini
  8. Mengisi form pendaftaran, consent form dan surat pernyataan keaslian karya yang bisa diunduh disini.
  9. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Desain :
  1. Desain dibuat bebas dan sekreatif mungkin yang bisa diimplementasikan di media kaos dan totebag sebagai bagian dari kampanye anak muda dan krisis iklim.
  2. Tema Anak Muda dan Krisis Iklim yang berisi suara, ide, aksi, keresahan dan gambaran pengalaman dari creator atau fenomena yang terjadi di Indonesia. Karya diharapkan berisi pesan semangat dan optimisme anak muda dalam menghadapi krisis iklim!
  3. Peserta dilarang memasukkan logo Plan Indonesia dan Teens Go Green Indonesia dalam karya desainnya. Panitia sendiri yang akan menentukan perlu tidaknya penempatan logo pada karya terpilih.
  4. Tidak mengandung unsur SARA dan pornografi/aksi
  5. Format karya :
    • Karya dibuat dengan software digital PS, AI, Corel Draw, dan sejenisnya di ukuran A3, 300 dpi
    • Karya dibuatkan mock up dalam bentuk kaos dan totebag sebagai gambaran karya pada media tersebut.
    • Lampirkan 1 halaman penjelasan karya berisi latar belakang ide, filosofi desain dan pesan yang ingin disampaikan

Penyerahan Karya :

Karya dikirimkan ke email teensgogreen.event@gmail.com dengan subjek ditulis LOMBA DESAIN_NAMA, berisi :
  • Karya desain yang dilombakan berupa : File PNG, File Mockup, dan Raw File (PS, AI, Corel, dll)
  • Formulir pendaftaran dan penjelasan desain
  • Surat pernyataan keaslian karya
  • Consent form
  • Identitas berupa KTP atau kartu pelajar 
Sebelum mengirimkan karyamu, jangan lupa mengisi form pragistrasi ya disini.

Periode Lomba : 1-21 Juni 2021

Hadiah :
Pemenang 5 karya desain terbaik akan mendapatkan masing-masing 1 unit Hp Xiaomi Redmi Note 10 (4/64) dan karya desain yang dicetak pada media kaos/totebag.

Narahubung :
Silakan menghubungi dm instagram @teensgogreen.id atau email teensgogreen.event@gmail.com


Kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Youth for the Future yang diselenggarakan Teens Go Green Indonesia bersama Plan Indonesia, dan dukungan dari ANCP-DFAT dan Plan Australia melalui project Urban Nexus untuk mengajak Anak muda di seluruh Indonesia belajar lebih dalam menyelami kasus Krisis Iklim.

Posting Komentar

0 Komentar