• Sanggar Pesisir



    Teens Go Green Jakarta, Yayasan Terangi, dan Dinas Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta 


    Mempersembahkan:

    Fasilitasi Pengelolaan Ekosistem Pesisir melalui #SanggarPesisir

    Salah satu kegiatan kelompok ekosistem HILIR teens go green yaitu SANGGAR PESISIR Sanggar Pesisir adalah sebuah program pembinaan untuk masyarakat pesisir dalam meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas terhadap lingkungan bahari.Kepulauan Seribu sesungguhnya merupakan display bagi wajah pengelolaan kepulauan di Indonesia. Tempatnya yang begitu dekat dengan Jakarta, memungkinkan orang datang berkunjung dari berbagai tempat. Sampah yang selalu datang dalam jumlah besar secara musiman maupun sampah dari penduduk lokal hendaknya sudah harus dikelola secara bijak sehingga mengurangi tekanan pada ekosistem terumbu karang. Bagaimana pula praktek wisata di Kepulauan Seribu? Dapatkah kita bersama-sama mendorong untuk dilakukannya pariwisata yang bertanggungjawab? Bisakah kita buat kedatangan kita, warga Jakarta (daratan) ataupun masyarakat lainnya memang membawa berkah bagi ekosistem terumbu karang dan masyarakat pulau?

    Dengan daya tarik pulau yang menjadi salah satu tujuan wisata, maka keberadaan terumbu karang yang sehat menjadi kondisi yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Hal ini dikarenakan ketergantungan masyarakat pulau, juga yang tinggal di darat, begitu tinggi. Seluruh penghidupan,baik langsung maupun tidak, bergantung pada keutuhan ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut lainnya. Dengan rusaknya ekosistem terumbu karang, salah satu akibatnya adalah ikan-ikan karang yang merupakan sumber pangan akan berkurang.

    Oleh karena itu,, perlu mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan kontribusi terhadap kelestarian ekosistem terumbu karang. Melalui rangkaian training pengelolaan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi, baik yang berada didaratan Jakarta dan juga didaratan pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Hal ini, diharapkan akan tercipta sistem yang berkelanjutan untuk menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang yang dilaksanakan secara kolektif oleh masyarakat daratan dan kepulauan.Demi kelestarian ekosistem terumbu karang dan masyarakatnya di Kepulauan Seribu maupun wilayah kepulauan lain. Save the coral, save the Island.

    TUJUAN KEGIATAN
    Kegiatan ini bertujuan untuk:



    1.  Memberikan pendidikan tambahan mengenai lingkungan bahari kepada anak-anak wilayah pesisir.
    2.    Memberikan pelatihan dan keterampilan
    3.    Menyediakan wadah bagi pemuda untuk dapat mengeksplorasi kreativitas melalui Aksi
    4.    Peningkatan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan ekosistem pesisir dan laut
    5.     Masyarakat mampu memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi
    6.  Adanya kesadaran dan partisipasi nyata warga sekitar pesisir akan pentingnya menjaga kearifan lingkungan bahari

    WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
    Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
    Hari/Tanggal     : Kamis-Jumat, 12-13 Juli 2012
    Waktu                   : 07.00 WIB – selesai
    Lokasi                   : Kawasan Masjid Islamic Center Jakarta Utara
    PESERTA KEGIATAN
    Peserta dalam kegiatan SANGGAR PESISIR ini adalah  pelajar dan masyarakat  yang terkait di sekitar daratan jakarta (Cilincing dan Marunda) serta Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.


    #SANGGARPESISIR
    Berkreasi untuk ekosistem pesisir yang lebih lestari. 
     



  • 0 comments:

    Post a Comment