Styrofoam? No, Thanks!




Pernah mendengar nama polistirena foam? 
Mungkin terdengar aneh..
Tapi kalo Styrofoam? Pasti sudah sering dengar kan..

Sebenarnya Styrofoam adalah nama merek dari Dow Chemicals. Awalnya Styrofoam ini diproduksi sebagai insulator pada bahan konstruksi bangunan, bukan untuk kemasan makanan.
Tapi saat ini Styrofoam banyak sekali dipakai untuk kemasan makanan.

STYROFOAM ITU BERBAHAYA LHO..!!! 
  1. Polistirena foam dibuat dari campuran 90-95% polistirena dan 5-10% gas dengan menggunakan blowing agent seperti CFC (freon) yang merusak lapisan ozon. 
  2.  Jika polistirena foam digunakan untuk mengemas makanan dalam suhu tinggi, memungkinkan monomer stirena untuk berpindah ke dalam makanan dan masuk ke dalam tubuh manusia yang mengkonsumsinya dan dalam jangka waktu panjang dapat berpengaruh pada system syaraf pusat, dapat membahayakan janin pada ibu hamil, dan bahkan dapat menyebabkan kanker lho!! 
  3. Polistirena foam juga mencemari lingkungan karena TIDAK DAPAT TERURAI DI ALAM dan TIDAK DAPAT DIDAUR ULANG. 
  4. Jika ingin dihancurkan, membutuhkan teknologi tinggi, mahal, dan menghasilkan gas beracun serta emisi karbon yang tinggi pula. 
  5. Di pesisir utara Jakarta setiap harinya menampung genangan sampah yang didominasi oleh sampah polistirena foam bekas pakai dan sampah plastik lainnya. Sampah yang mengapung terbawa hingga berkilo – kilo meter mencapai Kepulauan Seribu. Banyak terumbu karang dan hewan laut yang mati akibat pencemaran.

JADI, MASIH MAU PAKE STYROFOAM?? IIIH, GAK BANGET DEH!!!

Makanya mulai sekarang hindari pemakaian Styrofoam dan sebarkan informasi ini kepada teman-temanmu yang lain...!!!!

No comments:

Post a Comment