HOW TO BE PRODUCTIVE VOLUNTEER IN PANDEMIC SITUATION


 

How To Be Productive Volunteer In Pandemic Situation

Host: Muhammad Rafli      // TGG20210495

Speakers:

1.    Ahmad Asril P.               // TGG20210469

2.    Adnindya K.                    // TGG20210467

3.    Humayra Q.A.                 // TGG20200226

Kegiatan volunteering merupakan salah satu kegiatan yang sering diikuti oleh anak-anak muda saat ini. Kondisi pandemi saat ini mengharuskan semua kegiatan yang awalnya dilakukan secara tatap muka menjadi dilakukan dari rumah masing-masing. Hal tersebut yang menjadikan alasan timbulnya pertanyaan-pertanyaan serta keraguan anak-anak muda saat ini “Perlukah kita mengikuti kegiatan volunteer dalam keadaan seperti ini”.

Pada program Kenal Lebih Dekat (KLD) ini, kita akan mengupas tuntas hal-hal mengenai kegiatan volunteer online dan cara agar tetap produktif selama masa pandemi ini.

Alasan Mengikuti Kegiatan Volunteer Offline & Online

            Alasan-alasan narasumber mengikuti kegiatan volunteer adalah karena dengan kegiatan volunteer para narasumber bisa mempelajari ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di dunia kuliah khususnya penerapan ilmu di kehidupan nyata. Selain itu, alasan lainnya yaitu menambah relasi dan pertemanan dengan orang-orang yang berbeda daerah khususnya volunteering online dan juga dengan kegiatan volunteer kita dapat melatih dan menguji skill-skill kita baik softskills maupun hardskills.

            Menjadi pribadi yang lebih dewasa dan open minded juga menjadi salah satu alasan para narasumber ingin mengikuti kegiatan volunteer, karena dalam pelaksanaannya kita dituntut untuk selalu berpikir cepat dan bertindak efektif dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Pada dasarnya kegiatan volunteer memang patut dicoba dan memiliki banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh sehingga alasan-alasan untuk mengikuti kegiatan volunteer juga beragam tergantung tujuan awal tiap individu. 

Kegiatan Yang Dilakukan Diluar Volunteer Teens Go Green Indonesia

            Kegiatan di luar TGG yang dilakukan oleh Ka Ahmad, Ka Adnindya dan Ka Humayra yaitu kegiatan kuliah pada umumnya yang menjadi kewajiban mahasiswa dan juga para narasumber juga menyibukkan dirinya dengan kepanitiaan-kepanitiaan yang diadakan baik oleh universitas atau pun luar universitas.

Hambatan dan Tantangan Saat Menjadi Volunteer di Era Pandemi

            Situasi pandemi yang sedang terjadi akhir-akhir di Indonesia dan dunia mengharuskan semua kegiatan yang awalnya dapat dilakukan secara tatap muka atau bertemu secara langsung diubah menjadi tidak langsung melalui berbagai macam platform-platform online. Hal tersebut ternyata berdampak kepada kegiatan-kegiatan volunteer dimana salah satunya adalah terhambatnya kegiatan komunikasi sesama anggota lainnya dan koneksi internet yang terkadang tidak menentu juga menjadi salah satu hambatan serta tantangan dalam kegiatan volunteer saat ini.

Cara Membagi Waktu Selama Era Pandemi

            Time management yang dilakukan Ka Ahmad, Ka Adnindya dan Ka Humayra di era pandemi ini adalah membuat ukuran-ukuran prioritas semua kegiatan, dimana dapat dilakukan dengan cara membuat catatan-catatan maupun carta prioritas sehingga memudahkan kita dalam mengatur waktu. Mengatur keseimbangan antara kegiatan kuliah dan volunteer juga penting, jangan sampai berat di salah satu sisi.

            Walaupun pandemi ini banyak memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari kita, di era pandemi ini waktu yang dimiliki oleh para narasumber juga dirasa lebih fleksibel dikarenakan beberapa kegiatan dapat dilakukan secara daring sehingga tidak membutuhkan waktu lama.

Motivasi Untuk Anak Muda Yang Ragu Mengikuti Kegiatan Volunteer

            Dalam mengikut kegiatan baik volunteering, magang, perlombaan, dan organisasi lain tanamkan dalam diri prinsip #MulaiAjaDulu maksudnya coba saja dulu dan jangan pernah takut gagal dalam memulai sesuatu yang memang belum pernah dicoba. Komitmen serta konsistensi juga menjadi salah satu hal harus ditanamkan anak-anak muda dalam mengikuti kegiatan-kegiatan volunteer.

Pada intinya kegiatan-kegiatan volunteer dalam keadaan pandemi seperti ini patut dicoba oleh seluruh anak muda di Indonesia. Manfaat yang akan didapatkan juga tidak main-main walaupun dilakukan secara online. Semangat selalu untuk anak-anak muda di luar sana, jangan takut atau malu untuk mulai bergerak.

Posting Komentar

0 Komentar