Maximize Your Potential Through Green Action

 


Host: Lulu Farizianty          // TGG20210495

Speakers:

  1. Heri Prasetyoning Tyas         // TGG20210475

  2. Mitha Winanti             // TGG20210488

  3. Alifia Farras Hanifah         // TGG20210486

Setiap orang tentu memiliki potensi di dalam dirinya, meski jumlah potensi ini tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya. Terdapat banyak cara untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri, salah satunya dengan memaksimalkan potensi yang ada melalui kegiatan lingkungan maupun non-lingkungan. Kenal Lebih Dekat #1 hadir dengan tiga narasumber yang tentunya memiliki potensi diri masing-masing yang hebat yaitu Kak Tias, Kak Mitha, dan Kak Farras.

Ketiga narasumber merupakan pengurus aktif dari Teens Go Green Indonesia. Selain menjadi pengurus di Teens Go Green Indonesia, mereka juga aktif di organisasi lain yang bergerak tentang lingkungan. Seperti Kak Mitha yang menjadi Kader Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB), juga Kak Tias yang aktif menjadi Brand Ambassador Campaign. Bagi Kak Farras sendiri ini merupakan pertama kali mengikuti organisasi di bidang lingkungan. Menarik sekali ya!

Berbicara mengenai lingkungan, menurut Kak Farras kondisi saat ini sungguh memprihatinkan. Banyak sekali penggunaan sampah plastik yang dapat menyumbat aliran air yang berdampak pada terjadinya banjir. Bagi Kak Mitha, disinilah pemuda mengambil peran. Pemuda layaknya bahan bakar yang dimana punya semangat lebih dibanding mereka yang telah berumur. Pemuda sudah seharusnya menjadi penggerak atau “aktor utama” karena memiliki inovasi dan daya critical thinking yang begitu luar biasa untuk isu lingkungan. Contoh yang dapat ditiru oleh kita semua yaitu kegiatan Kak Tias saat di Kediri dengan mengambil sampah dan puntung rokok atau Kak Farras yang mengikuti kegiatan Garut Zero Waste yang belajar mengenai pemilahan sampah dan Kak Mitha yang mengikuti Ranger for Changes IPB untuk mengkampanyekan isu lingkungan.

Dengan kondisi pandemi yang seperti ini, terdapat halangan untuk menjadi bagian dari volunteer sebuah kegiatan. Salah satu halangan menurut Kak Farras dan Kak Tias yaitu dari diri sendiri seperti rasa takut serta malas. Rasa takut dan malas itu harus kita hadapi dengan kita mencoba dan memulai dahulu. Karena bagaimanapun, bila belum mencoba kita tidak akan tahu akan seperti apa nantinya. Apabila ada hambatan, justru itu sebagai milestone kita untuk belajar dan evaluasi diri. Berbeda dengan Kak Mitha, menurutnya halangan menjadi bagian dari mengikuti sebuah volunteer yaitu niat. Ada tips nih dari Kak Mitha, yaitu niat kita “dibenerin” dahulu karena ketika gagal, kita dapat mensyukuri semuanya. Yuk teman-teman jadikan halangan-halangan itu sebagai motivasi kita untuk terus belajar dan berkembang ya.

Ketika kita aktif di kuliah maupun aktif juga mengikuti kegiatan organisasi, kadang kita bingung untuk membagi waktu. Tenang saja sobat, ada beberapa tips dari kakak-kakak narasumber nih. Pertama ada tips dari Kak Mitha yaitu membuat list tugas beserta targetnya. Selain itu, jangan menunda-nunda pekerjaan dan jangan jadi “deadliner”. Hayo siapa yang masih suka nunda pekerjaan nih? Tips lainnya dari Kak Tias dan Kak Farras adalah tentukan skala prioritas dan juga membuat digital planner. Keren banget ya tips dari kakak-kakak narasumber!

Selain tips-tips yang menarik di atas, ada juga nih cara menemukan passion dari narasumber. Salah satu yang disebutkan Kak Tias dan Kak Mitha yakni mencoba berbagai hal baru sebanyak mungkin hingga kalian merasa cocok dan enjoy menjalaninya dan tentu saja mengenali diri sendiri. Dengan mencoba berbagai hal baru itu kita juga sedang menemukan potensi apa yang ada di dalam diri kita. Sehubungan dengan yang disebutkan Kak Tias dan Kak Mitha, menurut Kak Farras apabila kita sudah cocok dan enjoy dengan bidang yang kita yakini maka bisa menyebarkan energi positif ke orang lain.

Sebagai penutup, ada pesan-pesan dari Kak Tias, Kak Mitha, Kak Farras yaitu supaya jangan takut dan tetap mencoba hal baru yang siapa tau nantinya merupakan potensi dari diri kita. Last but not least, kakak-kakak kece ini mengajak kalian untuk terus menjaga lingkungan dan bumi kita. Yuk kenali diri sendiri dan mulai aja dulu. 

 

Penulis : PSDM TGG 2021

 

Posting Komentar

0 Komentar