MEMULAI KARIR DI BIDANG LINGKUNGAN, KENAPA TIDAK?


Tema Rabu Bersama Teens Go Green (RBT) Episode 17 adalah Memulai Karir di Bidang Lingkungan, Kenapa Tidak? dengan narasumber Nur Arinta dari Javan Rhino Expedition (JRE), Syifa Fauziyyah dari Yayasan Terangi, dan Siti Marfu’ah dari RMI. Yang mana ketiga narasumber ini merupakan alumni dari Teens Go Green.

Green Jobs atau secara harafiah diartikan sebagai pekerjaan hijau, artinya jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan, yang mana pekerjaan ini sangat berkontribusi untuk melestarikan atau memulihkan lingkungan, baik sector tradisional seperti manufaktur dan konstruksi, atau sektor hijau baru yang muncul seperti terbarukan efesiensi energi. Green Jobs ini juga sangat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan sebagaimana yang ditargetkan oleh pemerintah pada tahun 2030 (SGD’s 2030). Green Jobs ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh keadaan lingkungan yang sudah sangat memprihatinkan, dan mengingat keadaan bumi sekarang sudah tidak baik-baik saja. Oleh karena itu keberadaan Green Jobs sangat membantu pemulihan bumi. Green Jobs ini juga merupakan pekerjaan yang peluangnya sangat besar khususnya untuk anak-anak muda sekarang.D ari sisi ekonomi Green Jobs juga merupakan pekerjaan yang dapat menghidupi secara layak, disamping itu kita juga berkerja untuk memperbaiki lingkungan serta sosial. 

Rabu Bersama Teen Go Green pada Episode 17 ini mengundang kakak-kakak yang bekerja di bidang lingkungan (Green Jobs). Latar belakang mereka bergabung adalah karena ketertarikan terhadap isu lingkungan yang terjadi di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, semakin mendekatkan diri dengan alam dan lingkungan, serta dapat melihat isu lingkungan dari banyak aspek, mulai dari aspek lingkungan itu sendiri, aspek sosial, maupun aspek politik. Kesibukan yang mereka lakukan saat ini sebagai yang bekerja di bidang Green Jobs adalah sebagai content creator di masing-masing yayasan mereka,  mendampingi anak-anak muda seperti relawan for life, dan ada juga yang sedang menjalankan proyek yang focus  kepesisir Coremap CTI wilayah Raja Ampat.

Dalam menjalankan pekerjaan yang bergerak di bidang Green Jobs tentunya memiliki banyak tantangan ketika melakukan pekerjaan. Tantangan tersebut seperti: tantangan karena background yang bertolak belakang dengan pekerjaan yang dijalani sekarang, masalah tentang tidak bisa berenang, belajar ulang tentang sains dan rumus-rumus, memahami isu dari banyak aspek. Sementara untuk mengatasinya, kunci utama adalah banyak belajar dan mau belajar, improvisasi, serta menjalin networking atau komunikasi yang baik dengan rekan-rekan satu pekerjaan, poin lebihnya mereka pernah bergabung dengan Teens Go Green sehingga mendapat setidaknya sedikit ilmu atau pemahaman tentang lingkungan.

Untuk menjadi seorang relawan atau seseorang yang bekerja di bidang Green Jobs, langkah awal  yang bisa kita lakukan adalah aktif di organisasi yang kita ikuti, karena pada dasarnya suatu  komunitas itu punya relasi juga dengan komunitas lainnya, lalu sebagai relawan kita sebaiknya memberikan kontribusi penuh terhadap lingkungan, memiliki komitmen terhadap isu yang kita minati serta melakukannya dengan sepenuh hati, dan berfikir apa yang dapat saya berikan, bukan apa yang saya dapatkan.

Pesan untuk generasi muda saat ini yang ingin atau tertarik terhadap isu lingkungan atau ingin bekerja di bidang Green Jobs adalah: berani mencoba, percaya diri, meningkatkan komitmen, sehingga secara otomatis akan mendapat relasi (networking), dan terakhir jangan menunggu teman, mulailah bergerak sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar