How To Deal With Insecurities


 

            Insecure merupakan sebuah perasaan tidak aman atau tidak nyaman yang sering kali dialami oleh anak muda saat ini. Penyebab terjadinya insecure sangat beragam dan akan berbeda pada tiap individu. Keadaan saat ini dimana kebanyakan masyarakat menjalankan aktivitasnya di rumah masing-masing sehingga jarang berkomunikasi dengan orang lain secara langsung menjadi salah satu faktor utama meningkatnya rasa insecure pada diri sendiri.

            Pada program Kenal Lebih Dekat (KLD) ini, kita akan mengupas tuntas hal-hal mengenai insecure dan kegiatan volunteering.

Cara Membagi Waktu

            Kemampuan untuk membagi dan mengatur waktu sangat dibutuhkan oleh anak-anak muda saat ini agar dapat memaksimalkan semua kesempatan yang ada. Time management yang dilakukan Ka Rosy, Ka Salsa dan Ka Christina saat mengikuti kegiatan volunteer dan kuliah adalah menulis tanggal-tanggal penting atau tanggal acara di kertas kecil yang dapat ditempel (sticky notes) dan aplikasi pencatat di smartphone masing-masing.

Cara Mengatasi Rasa Insecure

            Rasa insecure pada umumnya sering dialami oleh anak-anak muda saat ini dan hal tersebut merupakan sesuatu hal yang wajar selagi kita masih dapat mengontrol perasaan tersebut. Menurut Ka Rosy, Ka Salsa dan Ka Christina ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mengusir rasa insecure pada diri sendiri yaitu mengenal kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu dan gali potensi terdalam yang dimiliki oleh diri sendiri, fokus kepada satu kemampuan yang benar-benar kita bisa jangan terpaku atau iri dengan kemampuan yang bisa dilakukan orang lain tetapi tidak bis akita lakukan serta tanam keyakinan dalam diri masing-masing bahwa kita bisa melakukan hal-hal tersebut.

Cara Menumbuhkan Rasa Keberanian atau Motivasi

            Salah satu cara menumbuhkan rasa keberanian untuk mencoba perlombaan ataupun pengalaman lainnya adalah dengan menanamkan mindset “Perlombaan bukan hanya untuk menang, tetapi untuk menang dan untuk kalah”.

            Tidak hanya itu, memegang prinsip bahwa kalah ataupun kegagalan dalam suatu perlombaan atau kegiatan bukan merupakan akhir dari segalanya tetapi jadikan hal tersebut sebagai pengalaman dan pembelajaran yang dapat berguna untuk kesempatan selanjutnya.

Hambatan Kegiatan Volunteer Di Masa Pandemi

            Hambatan yang dialami oleh Ka Rosy, Ka Salsa dan Ka Christina dalam kegiatan volunteering di era pandemi ini adalah susah dalam menjalin komunikasi dengan anggota atau pengurus lainnya sehingga banyak terjadi kekeliruan dalam pelaksanaannya. Selain itu, kedekatan antara satu pengurus dengan pengurus lainnya yang kurang erat atau kurang terasa.

Keuntungan Mengikut Kegiatan Volunteer

            Kegiatan volunteer ternyata membawa keuntungan yang banyak baik bagi diri sendiri maupun orang-orang sekitar kita. Menurut Ka Rosy, Ka Salsa dan Ka Christina kegiatan volunteer dapat memberi benefit berupa relasi dengan orang-orang hebat di seluruh Indonesia sehingga dapat menjadi salah satu media pengembangan kemampuan-kemampuan diri sendiri.

            Kegiatan volunteer juga menjadi media untuk menambah pengalam serta mengasah kemampuan-kemampuan yang kita miliki. Menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas juga menjadi salah satu keuntungan mengikut kegiatan-kegiatan volunteer saat ini.

            Pada dasarnya rasa insecure merupakan sesuatu hal yang wajar dialami oleh manusia khususnya anak-anak muda. Keputusan yang diambil oleh diri masing-masing lah yang menjadi penentu apakah kita mau menjadi pribadi yang tetap berada dititik yang sama atau mau maju dan melangkah menjadi pribadi yang lebih hebat lagi. Jangan selalu membandingkan kesuksesan orang lain dengan diri kita sendiri, karena setiap orang memiliki jalannya masing-masing untuk menggapai kesuksesan tersebut.

Salam semangat, salam sejahtera!

Posting Komentar

0 Komentar