Lomba Menulis Essay Populer Tentang Anak Muda dan Krisis Iklim


Kaum muda memegang peranan penting dalam gerakan perubahan. Menurut hasil Sensus Penduduk tahun 2020, penduduk Indonesia didominasi oleh kaum muda dimana 75,49 juta atau 27,94% adalah generasi Z dan 69,38 juta atau 25,87% adalah generasi millennial. Jumlah yang signifikan tersebut menjadi harapan akan periode emas Indonesia dalam 20-30 tahun mendatang.

Teens Go Green Indonesia percaya memberikan ruang kaum muda untuk tumbuh melalui edukasi lingkungan dan menjadi aktor penggerak sebagai ‘Virus Cinta Lingkungan’ adalah salah satu kontribusi kaum muda dalam mempersiapkan era emas Indonesia di tahun 2045 mendatang. Sayangnya, wadah ini belum begitu luas dan masih banyak kaum muda yang belum tau dan paham kontribusi seperti apa yang bisa mereka hadirkan.

Masalah lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi kita kaum muda akan nasib di masa mendatang. Puncaknya adalah krisis iklim yang tengah kita rasakan saat ini dengan hadirnya berbagai bencana yang menimpa tanah air hampir sepanjang tahun.

Teens Go Green Indonesia berpandangan bahwa kaum muda memiliki peran penting untuk menyuarakan hak-haknya atas masa depan yang akan dihadapinya di masa mendatang. Untuk itu, kami mencoba memberikan ruang bagi kaum muda beraksi menjadi solusi bagi krisis iklim yang tengah dirasakan melalui aksi iklim (climate action) dalam adaptasi menghadapi perubahan iklim dan permasalahan lingkungan yang terjadi (climate adaptation) melalui kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas, konsultasi publik dan penyadartahuan yang menghadirkan kaum muda untuk terlibat dan paham mengenai krisis iklim yang tengah terjadi.

Harapannya, melalui keterlibatan lebih banyak kaum muda dari berbagai lintas isu, region, hingga minat dan profesi yang sadar akan isu krisis iklim ini bisa memberikan ruang tersendiri bagi kaum muda untuk dilibatkan dalam pengambilan keputusan baik di skala nasional hingga global demi terciptanya kebijakan yang berpihak pada keberlanjutan lingkungan Indonesia di masa depan.

Tema : Anak Muda dan Krisis Iklim

Persyaratan Umum :
  1. Peserta adalah anak muda Indonesia usia pelajar, mahasiswa, hingga usia 24 tahun di Indonesia yang masih aktif dan dibuktikan dengan melampirkan scan Kartu Tanda Pelajar, KTP, atau Kartu Tanda Mahasiswa saat mendaftar;
  2. Peserta bersifat individu;
  3. Setiap individu diperkenankan hanya mengirimkan 1 tulisan;
  4. Naskah esai yang dikirimkan adalah original, karya sendiri, bukan hasil plagiasi, dan belum pernah memenangkan perlombaan sejenis, belum pernah diterbitkan atau tidak sedang diikut sertakan dalam lomba.
  5. Naskah esai yang diterima panitia akan menjadi milik panitia. Panitia berhak mempublikasikan tulisan yang diikutsertakan dengan mencantumkan identitas penulis.
  6. Mengikuti tata cara perlombaan yang ditetapkan.
  7. Mengisi form praregistrasi disini
  8. Mengisi form pendaftaran, consent form dan surat pernyataan keaslian karya yang bisa diunduh disini.
  9. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Penulisan :
  1. Tulisan berbentuk Esai Populer
  2. Tema Anak Muda dan Krisis Iklim yang berisi suara, ide, aksi, keresahan dan cerita pengalaman dari penulis atau fenomena yang terjadi di Indonesia.
  3. Peserta bebas menentukan judul tulisan dan isi tulisan sepanjang sesuai dengan tema Anak Muda dan Krisis Iklim
  4. Penyajian tulisan dengan gaya bahasa populer dan kreatif, tidak berbentuk makalah ilmiah
  5. Tidak mengandung unsur SARA dan pornografi/aksi
  6. Diketik rapi dengan format penulisan :
    • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
    • Panjang tulisan minimal 1000 kata (tanpa spasi) di kertas A4
    • Jenis dan ukuran font : Times New Roman 12 dengan spasi 1,5
    • Mencantumkan judul artikel dan nama penulis di tulisan
    • File disimpan berbentuk doc/docx dengan format Nama_Judul
Penyerahan Karya :

Karya dikirimkan ke email teensgogreen.event@gmail.com dengan subjek ditulis LOMBA ESAI_NAMA, berisi :
    • Tulisan yang diikutsertakan
    • Formulir pendaftaran
    • Surat pernyataan keaslian karya
    • Consent form
    • Identitas berupa KTP atau kartu pelajar 
Sebelum mengirimkan karyamu, jangan lupa mengisi form praregistrasi ya disini.

Periode Lomba : 1-21 Juni 2021

Hadiah : 
Total hadiah Senilai Rp 12 Juta untuk Juara 1-10 (diberikan dalam bentuk produk gadget)

Karya pemenang dan karya terpilih akan dibukukan dan dicetak. Panitia akan mengirimkan buku yang telah dicetak kepada para pemenang dan penulis yang karyanya terpilih.

Narahubung :
Silakan menghubungi dm instagram @teensgogreen.id atau email teensgogreen.event@gmail.com


Kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Youth for the Future yang diselenggarakan Teens Go Green Indonesia bersama Plan Indonesia, dan dukungan dari ANCP-DFAT dan Plan Australia melalui project Urban Nexus untuk mengajak Anak muda di seluruh Indonesia belajar lebih dalam menyelami kasus Krisis Iklim.

Posting Komentar

0 Komentar