Tips Berkurban Ramah Lingkungan

Berkurban ramah lingkungan
Berkurban ramah lingkungan

Hari ini bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1441 H.

Perayaan Idul Adha kali ini terasa begitu berbeda. Salah satunya karena di tahun ini tidak ada penyelenggaraan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Pandemi ini memang berdampak ke hampir semua sektor kehidupan.

Namun, penyembelihan hewan kurban tetap dilangsungkan. Sunnahnya hingga selesai hari tasyrik di tanggal 13 Dzulhijjah.

Meskipun berkurban merupakan salah satu bentuk ibadah, seharusnya kita tetap menjadi perhatian kita bahwa ibadah kurban yang kita lakukan tidak merusak lingkungan dalam pelaksanaannya.

Salah satu isu yang belakangan ini disorot yakni isu kantong plastik sekali pakai yang digunakan sebagai pembungkus daging kurban.

Nah, berikut ada beberapa tips agar kita bisa berkurban tanpa mengorbankan lingkungan. Simak yuk!

Tips berkurban ramah lingkungan
Tips berkurban ramah lingkungan via pawai bebas plastik


1. Menjaga kebersihan
Pastikan untuk menjaga kebersihan dan penampungan hewan kurban saat proses penyembelihan. Di masa pandemi ini, menjaga kebersihan sangat penting. Pastikan juga untuk tetap jaga jarak aman dan selalu memakai masker saat proses penyembelihan berlangsung.

2. Mengelola limbah
Limbah yang dihasilkan pasca penyembelihan hewan kurban harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan masalah lingkungan yang baru ataupun menjadi sumber penyakit.

3. Tidak menggunakan kresek
Hindari penggunaan kantong kresek sekali pakai untuk membungkus daging kurban yang akan dibagikan ke warga sekitar. Yuk, dukung pemerintah kota yang sudah menerapkan aturan ini salah satunya dengan tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai ini.

4. Gunakan wadah guna ulang
Wadah guna ulang bisa menjadi alternatif sebagai wadah daging kurban. Beberapa daerah memiliki kearifan lokal tersendiri yang bisa digunakan sebagai wadah seperti besek, eumpang gampit, sumpit salak, daun jarak dll.

5. Bawa wadah guna ulang
Jika tidak ada wadah alternatif yang bisa digunakan, tiap warga bisa diumumkan untuk membawa wadah guna ulangnya sendiri dari rumah. Hal ini sangat praktis dan bisa mengurangi biaya untuk pembelian wadah daging kurban.

Itulah beberapa tips berkurban ramah lingkungan.

Bagaimana dengan penyembelihan hewan kurban di sekitar rumah kalian?

Posting Komentar

0 Komentar