Self Development Through Volunteering Activities

 

Host: Amanda Pramesty Putri         // TGG20210494

Speakers:

1.    Shafira Regita Cahyaningtyas    // TGG20210206

2.    Rizky Nur Fadilah                       // TGG20210474

3.    Lili Nurfatin Nabilah                    // TGG20200254

Memasuki era yang sangat kompetitif, diperlukan kredibilitas dan kemampuan untuk dapat bersaing dengan meningkatkan kemampuan diri. Terdapat banyak cara bagaimana meningkatkan kemampuan diri untuk mengenal dan mengelola dirinya dengan baik dahulu, termasuk kepedulian terhadap isu sosial. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial kepada masyarakat luas adalah berkontribusi dan memberikan dampak yang positif melalui volunteering. Kenal Lebih Dekat #4 hadir dengan tiga narasumber yang tentunya aktif mengikuti volunteering dan kaya akan pengalaman yaitu Kak Shafira Regita, Kak Rizky Fadilah, dan Kak Lili Nur Fatin.

Banyak cara yang dilakukan oleh ketiga narasumber mengembangkan diri di usia muda salah satunya yaitu dengan mengikuti Teens Go Green Indonesia. Bagi Kak Fadilah, cara awal untuk memulai kegiatan volunteering adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya karena itu merupakan gerbang awal. Baru setelah itu kita dapat menentukan jadi atau tidaknya kita mengikuti kegiatan kerelawanan. Menurut Kak Shafira, pengembangan diri juga dapat dilakukan tidak hanya melalui kegiatan kerelawanan. Namun juga dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan seperti kelas menulis salah satunya.

Berbicara mengenai pengaruh kegiatan volunteering terhadap pengembangan diri, tentu jawaban sangat berpengaruh terhadap softskill dan hardskill. Salah satu manfaat kegiatan volunteering menurut Kak Fadilah dan Kak Lili yaitu meningkatkan kerjasama tim dan time management. Kak Fadilah yang merupakan divisi dari Edukasi dan Kampanye jadi dapat mengatur bagaimana cara membagi waktu antara mengurus kegiatan Teens Go Green seperti Rabu Bersama Teens Go Green (TGG) dengan aktivitas kampus.

Pada kegiatan KLD #4 para narasumber yang hebat ini membagikan tips untuk anak muda yang belum memanfaatkan waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat. Tip dari Kak Lili yaitu mulai untuk membuat rencana dan tujuan jangka pendek, menengah, panjang kedepannya sehingga dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan tidak terbuang sia-sia. Oleh karena itu, ini dapat juga memudahkan kita untuk menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan kita lakukan. Dalam kondisi pandemi seperti ini ada hambatan-hambatan yang dapat mengganggu kita untuk produktif. Menurut Kak Shafira dan Kak Fadilah, salah satu hambatan yang dirasakan yaitu terlalu lama menatap laptop sehingga akan berpengaruh pada kondisi badan. Berbeda dengan Kak Shafira dan Kak Fadilah, bagi Kak Lili susahnya komunikasi online dan rasa jenuh dapat menghambat kita untuk produktif dalam kegiatan volunteering. Walaupun demikian, hambatan-hambatan tersebut harus kita lawan sehingga kita tetap dapat produktif dengan kegiatan volunteering ya!

Pada KLD #4 yang diadakan tanggal 12 Maret 2021, Kak Lili dan Kak Shafira serta Kak Fadilah sharing pengalaman berharga mereka ketika menjadi volunteer. Pengalaman mengesankan Kak Lili ketika mengikuti relawan covid-19 nasional untuk membantu membagikan informasi mengenai covid-19. Berbeda dengan pengalaman Kak Lili, pengalaman mengesaa pesan-pesan untuk kalian yang masih malas mengikuti kegiatan volunteer dari Kak Shafira, Kak Fadilah, dan Kak Lili yaitu jadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi kita untuk melangkah. Pesan dari Kak Fadilah yaitu supaya kita jangan jadi orang yang pemalas karena baginya malas adalah kunci keberantakan hidup. Last but not least, pesan dari Kak Shafira untuk tetap semangat menjalani hidup dengan segala hambatannya. Yuk, mulai saat ini kembangkan diri kita dengan aktivitas yang bermanfaat!

 

Posting Komentar

0 Komentar