YOUNG PEOPLE #GORENEWABLE AND #GREENJOBS

 


Teens Go Green Indonesia pada RBT episode ke-19 mengangkat tema Young People #GoRenewable and #GreenJobs dengan narasumber Verena Puspawardani sebagai Direktur Program Coaction Indonesia. Koaksi Indonesia adalah organisasi nirlaba yang bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari pemerintahan, swasta, riset dan pendidikan, lembaga swadaya, komunitas, dan para penggerak muda untuk memberikan informasi dan wawasan guna percepatan pengembangan energi terbarukan.

            Koaksi adalah yayasan yang ingin menjadi bagian dari penanggulangan perubahan iklim. Perubahan iklim dapat dicegah dengan adaptasi dan mitigasi, koaksi memiliki fokus pada bidang energi terbarukan. menurut penelitian dari beberapa negara, Indonesia menduduki peringkat pertama negara yang tidak percaya bahwa perubahan iklim disebabkan oleh aktivitas manusia. Dalam rangka bonus demografi yang dihadapi Indonesia pada tahun 2020 sampai 2030 populasi pemuda dan usia produktif mencapai puncaknya. Menjadi keuntungan apabila diimbangi dengan pengetahuan dan keahlian yang memadai. Apabila anak-anak Indonesia  memiliki pendidikan yang memadai untuk meningkatkan kapasitas, mereka akan memiliki daya dukung untuk mendapatkan pekerjaan layak. Koaksi bekeinginan memeratakan akses informasi, pendidikan, dan potensi pemuda yang salah satunya berkolaborasi dengan Teens Go Green.

            Green Job merupakan istilah yang digunakan Internasional Labour Organization (ILO) untuk mendeskripsikan pekerjaan ramah lingkungan, berkelanjutan, dan mampu melestarikan alam. Koaksi membantu untuk membuka informasi bahwa green job itu benar adanya dan dapat dimanfaatkan untuk menjaga lingkungan sehingga menjadi peluang pekerjaan masa depan yang berkelanjutan. Kegiatan yang dilakukan oleh koaksi salah satunya dengan program kampanye energi muda bahwasanya semua orang dapat menjadi bagian gelombang green job. Koaksi mendukung perluasan informasi tentang berbagai jenis green job kepada publik melalui kampanye media sosial, mendukung partisipasi aktif dari komunitas dan perusahaan yang memiliki peluang kerja ramah lingkungan. Koaksi menyediakan sarana mengangkat cerita dan pembelajaran dari inisiatif energi terbarukan di perkotaan dan diperdesaan agar dapat ditiru menjadi sebuah trobosan di berbagai daerah. Green job menjadikan pekerjaan layak seperti dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder juga pekerjaan yang dapat berkontribusi untuk perlindungan alam.

            Dalam perjalanan koaksi dari tahun 2017, banyak tantangan yang harus dihadapi salahsatunya adalah kolaborasi dengan berbagai organisasi. Tidak semua organisasi memiliki visi dan misi yang sejalan. Makin awal dalam menentukan tujuan atau cita-cita, makin baik.  Seperti sikap pro lingkungan yang ditumbuhakan sejak dini akan mudah untuk memberikan edukasi ketika sudah tahu perubahan iklim seperti apa dan bagaimana mereka berperan sehingga mereka dapat menyebarkan virus lingkungan ke objek yang lebih luas. Mimpi koaksi bergabung dengan berbagai elemen sehingga jejaring koaksi menjadi simpul pembelajaran, yang dapat ditanyai perihal green job, perubahan iklim, dan energi terbarukan. ketika belum memiliki daya untuk melakukan perubahan besar, dapat memulainya dengan kegiatan sesederhana  hemat listrik, kalau ngecas hp jangan lupa dilepaskan dari stop kontak, mematikan tv sampai full. Apapun itu, kita harus berkontribusi untuk alam Indonesia. -Rizky Nur Fadilah

 

Posting Komentar

0 Komentar