Amazing Earth Race: Edukasi Lingkungan dengan Menyenangkan!


Edukasi lingkungan untuk anak dan remaja tidak hanya dapat diperoleh melalui pengalaman belajar di kelas saja. Seiring dengan meningkatnya masalah lingkungan, edukasi yang disertai dengan praktik langsung diperlukan untuk mendorong penerapan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Teens Go Green Indonesia kembali memfasilitasi siswa-siswi SMP Labschool Jakarta mengikuti kegiatan amazing Earth Race pada Minggu, 15 Mei 2022. Kegiatan ini adalah bentuk penerapan program Labscare di SMP Labschool Jakarta untuk melakukan aktivitas yang menunjukkan kepedulian siswa sebagai bagian dari anggota masyarakat dan lingkungan.

Kegiatan Amazing Earth Race ini difasilitasi oleh Teens Go Green Indonesia bekerja sama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol dan dukungan dari Allianz Ecopark Ancol. Kegiatan dilaksanakan di area Eco Learning Farm, Kawasan Allianz Ecopark Ancol.

Kegiatan Amazing Earth Race dikemas dalam bentuk petualangan menarik dimana peserta harus menyelesaikan berbagai misi untuk menyelesaikan tantangan di setiap aktivitas.


Misi pertama adalah pilah sampah dimana para peserta ditantang untuk mampu memilah sampah yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari ketempat sampah yang benar. Pada kegiatan ini diselipkan edukasi mengenai pentingnya memilah sampah dan bagaimana dampak sampah bagi kehidupan manusia. Edukasi mengenai konsep 3R juga disampaikan untuk menambah wawasan para peserta beserta tips dan trik yang dapat dilakukan peserta untuk menerapkan konsep 3R dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya adalah kegiatan Recycling. Sebagai bentuk implementasi dari 3R, para peserta ditantang untuk mengurangi jumlah sampah yang mereka hasilkan melalui keterampilan dan kreativitas. Para siswa berhasil mengubah sampah botol minum dan plastik mereka menjadi barang yang menarik seperti vas bunga dan bunga dari bahan plastik.

Misi ketiga adalah melakukan kampanye tolak plastik sekali pakai kepada para pengunjung di area Allianz Ecopark Ancol. Melalui kegiatan kampanye ini, diharapkan peserta memiliki keberanian untuk menyuarakan isu lingkungan sehingga lebih banyak masyarakat yang aware terhadap masalah lingkungan.


Misi terakhir para peserta adalah mengamati keanekaragaman hayati yang ada di sekitar Ancol. Kegiatan ini bertujuan agar para peserta memperoleh pemahaman bahwa flora dan fauna yang ada akan terancam jika kita tidak menjaga kelestarian alam sekitar kita dan kita bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan agar mereka tidak punah.

Kegiatan ditutup dengan aktivitas refleksi dimana para peserta mengungkapkan bahwa kegiatan ini menyenangkan dan menambah pengetahuan serta membangun kekompakan tim. Beberapa siswa juga menanyakan mengenai komunitas Teens Go Green dan menunjukkan minat ingin bergabung dengan komunitas yang bergerak di isu-isu lingkungan.

Act Now!

Posting Komentar

0 Komentar