Relawan Muda untuk Lingkungan


RBT episode 2 kali ini Teens Go Green Indonesia mengangkat tema “Anak Muda dan Relawan Lingkungan” bersama Kak Siti Marfu’ah sebagai narasumber dan dipandu oleh Anggraini Fathiah Ningsih (Anggi) sebagai host. Kak Siti Marfu’ah merupakan koordinator dari Komunitas “Relawan 4 Life”. 
 
“Relawan 4 life” merupakan komunitas yang berdiri pada tahun 2015 yang difasilitatori oleh RMI, komunitas ini fokus pada isu lingkungan untuk perubahan sosial, budaya dan pendidikan, isu-isu yang sering dibawa adalah pendidikan dan masyarakat adat yang ada sekitar hutan dan didalam hutan, belajar tentang bagaimana mereka yang hidup didesa bisa selaras dengan alam serta saling bertukar pengetahuan antara masyarakat kota dan didesa. “Relawan 4 life” berdiri karena ingin menyatukan pandangan masyarakat hulu dan hilir serta menyelesaikan permasalahan bersama. RMI merupakan sebuah lembaga yang basisnya di bogor fokus pada masyarakat yang ada di dalam hutan, gender dan generasi muda beserta pengelolaan sumber daya alamnya.

“Relawan 4 Life” memiliki banyak kegiatan yang langsung terjun kelapangan salah satunya adalah program “GREEN CAMP” yang dilakukan setiap 1 tahun sekali ditempat yang berbeda serta merupakan tempat dampingan dari RMI. Dalam kegiatan tersebut relawan akan menginap 2 hari 1 malam lalu relawan dapat belajar tentang bagaimana masyarakat adat memperlakukan lingkungan dan menyelesaikan permasalahan yang ada dilingkungan sekitarnya serta juga dapat memberi problem solving atau pengetahuan kepada masyarakat adat. Kak Sifu mengatakan setiap kegiatan “Relawan 4 Life” ke desa selalu ada pertukaran pengetahuan/ilmu, dimana kita belajar dari masyarakat sekitar serta juga memberikan problem solving ke masyarakat disana. 
 
Namun karena sekarang sedang masa pandemi sehingga kegiatan tersehut masih belum bisa dilakukan, tapi jangan sedih “Relawan 4 Life” masih memiliki kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dari internal anggotanya yang diberi nama DISARING (Diskusi Daring) membahas banyak isu diantaranya dari lingkungan, sosial, pangan, pendidikan dan lain-lain. “Relawan 4 Life” tergabung dalam jaringan nasional dan internasional (se Asia Tenggara) dan pernah memberangkatkan relawan untuk ikut forum internasional ke Thailand.

Kak Sifu mengatakan bahwa motivasi terbesar untuk menjadi relawan karena melihat perubahan sekarang cenderung kearah yang buruk, sehingga perlu penyeimbang agar hal buruk tersebut bisa diganti menjadi baik. Kak Sifu percaya bahwa sekecil apapun yang kita lakukan itu berguna. Hal-hal kecil yang harus dilakukan seorang relawan, belajar tidak menuntut sesuatu, manusia itu memberi sebanyak-banyaknya bukan sebaliknya.
 
Kedepannya “Relawan 4 Life” akan memiliki program visit school yang fokus untuk sekolah yang ada didesa. Kak mifu berpesan untuk pemuda-pemudi indonesia yang memiliki kemampuan untuk bersuara tentang apapun permasalahanya mulailah lakukan hal baik sekecil apapun, berani speak up tentang apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar dan berpikir kritis jangan menjadi orang yang mengikuti arus saja namun juga bisa memberikan pandangan atas permasalahan tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar