World Clean Up Day 2020


Tentang WCD Indonesia

World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Pada tanggal 15 September 2018, World Cleanup Day yang pertama berhasil dilakukan serentak di 157 negara, menyatukan 18 juta orang dari seluruh dunia, dan mengumpulkan 88.500 ton sampah.

Dan pada tanggal 21 September 2019, WCD Kedua berhasil dilakukan serentak di 180 negara, menyatukan 21,2 juta orang dan mengumpulkan 100.000 ton sampah.

Aksi cleanup pertama pada tahun 2018, Indonesia berhasil menyatukan 7.688.332 relawan dan mengumpulkan 14.877 ton sampah dan pada tahun 2019,  Indonesia berhasil menyatukan 9.539.315 relawan dan mengumpulkan 15.383 ton sampah. Indonesia menorehkan sejarah dengan menjadi negara pemimpin cleanup terbesar di dunia dua tahun berturut-turut. Terima kasih kepada semua relawan dan stakeholders yang telah berpartisipasi untuk menjaga lingkungan kita bersama.

Jadi Relawan Cleanup & Pilah Sampah

Informasi Terkait COVID-19

Mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang belum mereda di Indonesia, kami menghimbau seluruh relawan WCD Indonesia, baik yang berada di zona beresiko tinggi maupun rendah untuk selalu memantau perkembangan informasi terkini dari lembaga resmi setempat, selalu waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dalam melaksanakan kegiatan.

Relawan individu dapat mempersiapkan diri untuk melakukan Cleanup di Sekitar Rumah maupun Cleanup Serentak di Lingkungan dengan mempersiapkan hal-hal yang tertera pada infografik berikut (klik gambar untuk melihat lebih jelas).

Infografik Panduan Relawan

 

Relawan komunitas/organisasi/institusi yang menjadi leader titik cleanup di lingkungan dapat mengunduh dan mengikuti Panduan Keselamatan Melakukan Cleanup saat Masa Pandemi COVID-19 sebagai rekomendasi penyelenggaraan kegiatan pada link http://bit.ly/panduanwcd2020 .

 

Opsi Keterlibatan dalam World Cleanup Day Indonesia 2020

Opsi Keterlibatan Relawan

(klik gambar untuk melihat lebih jelas)

Sebagai individu, kamu bisa langsung mendaftar sebagai relawan di microsite ini dan mengikuti rekomendasi kegiatan (A) Aksi Cleanup dan Pilah Sampah dari rumah; atau (B) Cleanup serentak di Lingkungan berdasarkan zonasi COVID-19 tempat kamu berada.

Untuk kegiatan (A) Aksi Cleanup dan Pilah sampah dari rumah, ikuti langkah-langkah yang tertera pada panduan Pemilahan Sampah hasil Cleanup. Kegiatan ini berjalan dari tanggal 13 - 19 September 2020.

Untuk kegiatan (B) Cleanup Bersama di Lingkungan, ikuti langkah-langkah yang tertera pada panduan Registrasi Relawan WCDI melalui Indorelawan dan panduan Keselamatan saat Melakukan Cleanup. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di tanggal 19 September 2020.

Kamu dapat mengakses panduan terkait di link https://bit.ly/panduanwcd2020 .

Pelaporan (Maksimal 27 September 2020)

Setelah selesai beraktivitas, laporkan hasil kegiatanmu pada form https://bit.ly/RekapWCDI2020 maksimal tanggal 27 September 2020 agar perjuanganmu menjadi bagian dari sejarah pencapaian WCD Indonesia 2020!

 

Posting Komentar

0 Komentar