Menjaga Keseimbangan Alam Secara Bersama-sama

Menjaga Keseimbangan Alam Secara Bersama-sama

Teens Go Green Indonesia mengangkat tema “Anak Muda dan Keseimbangan Alam” di RBT episode 8 kali ini, dengan narasumber Aqila Hanan Salsabila dan dipandu oleh Anggraini Fathiah Ningsih sebagai host. Kak Aqila Hanan Salsabila merupakan Research Staff dari Aktivis Hijau. “Aktivis Hijau” merupakan komunitas yang fokus pada edukasi mengenai isu lingkungan terutama mengenai perubahan iklim dan krisis sampah. 

Tujuan utama dari kegiatan aktivis hijau adalah untuk meningkatkan kesadaran  masyarakat terutama remaja. Menurut kak Aqila, sangat penting bagi anak muda untuk mengetahui ilmu tentang lingkungan ini karena anak muda nantinya akan menjadi penerus yang menyuarakan tentang isu lingkungan kedepannya.

Aktivis Hijau telah melakukan berbagai kegiatan seperti edukasi melalui platform sosial media, pengalangan dana untuk satwa pada masa awal pandemi, pernah berkerjasama dengan campaign.com untuk mengkampanyekan mengenai isu lingkungan dengan kegiatan yang mudah dan menyenangkan, serta  kegiatan kerelawanan yang membangun persepsi tentang isu lingkungan bagi volunteer. Aktivis Hijau beberapa waktu yang lalu juga berhasil mengadakan training bersama karyawan Shopee.

Kak Aqila mengatakan bahwa cara yang efektif untuk menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri contohnya kurangi penggunaan plastik, kalau rasanya kita sudah mampu untuk mengajak orang lain, ajaklah orang dari lingkungan keluarga atau sekitar kita. Namun untuk aktivis hijau cara mengajak masyarakat melalui informasi yang disampaikan di sosial media, webinar dan kegiatan lainnya. Keanggotaan aktivis hijau ada dua yaitu Pengurus inti dan Relawan. Aktivis Hijau memiliki filosofi yaitu mengurangi artinya melakukan gerakan yang perlahan mulai dari mengurangi pemakaian plastik, menggunakan tote bag dan lain-lain, jika sudah mampu baru lakukan gerakan lain yang lebih berarti,  contohnya pemilahan sampah di sumber. Kak Aqila mengatakan bahwa yang paling penting adalah mengajak orang lain untuk ikut serta untuk melakukan gerakan tersebut, karena kita butuh banyak orang untuk melakukan kegiatan yang berbeda untuk menyelamatkan lingkungan.

Di RBT kali ini kak Aqila berpesan bahwa apapun latar belakang kita, sebagai anak muda kita harus ikut berperan dalam menjaga lingkungan dan paham mengenai isu lingkungan. Edukasi diri sendiri dengan cara mencari informasi yang valid tentang dampak lingkungan yang disebabkan oleh sampah, lalu pelan-pelan menerapkan dalam kehidupan kita. kita juga bisa mengajak orang lain melalui aksi kecil seperti menyebarkan informasi melalui gambar, video dan tulisan di akun sosial media sambil belajar untuk melakukannya dengan konsisten.

Posting Komentar

0 Komentar