Teens Go Green Indonesia Lakukan Edukasi Lingkungan bersama Siswa SMP Labschool Jakarta

Peserta melakukan kampanye Tolak Sekali Pakai
Kampanye Tolak Sekali Pakai kepada Pengunjung Ancol

Masalah lingkungan bukan hanya masalah pembangunan, tetapi pada dasarnya masalah pengetahuan dan pendidikan. Anak-anak harus dikenalkan lingkungan sejak dini dengan memberikan pemahaman bahwa lingkungan ada di sekitar kita.

Sejalan dengan misi Teens Go Green Indonesia, sebanyak 30 siswa SMP Labchool Jakarta mengikuti kegiatan Amazing Earth Race pada Minggu, 27 Maret 2022. Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi program Labscare di SMP Labschool Jakarta yaitu untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian alam.

Kegiatan Amazing Earth Race ini difasilitasi oleh Teens Go Green Indonesia bekerja sama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol dan dukungan dari Allianz Ecopark Ancol. Kegiatan dilaksanakan di area Eco Learning Farm, Kawasan Allianz Ecopark Ancol.

Kegiatan ini menjadi wadah bagi siswa SMP Labschool Jakarta untuk belajar sekaligus mempraktikan pemahamannya untuk berkontribusi bagi pelestarian alam dengan melakukan kegiatan pilah sampah, daur ulang, menanamkan gaya hidup ramah lingkungan dan mengajak masyarakat melalui kampanye lingkungan. Kegiatan dikemas dalam bentuk petualangan menarik dimana peserta harus menyelesaikan berbagai misi untuk menyelesaikan tantangan tiap aktivitas.

Edukasi pilah sampah

Misi pertama yaitu pilah sampah dimana para peserta ditantang untuk mampu memilah sampah yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari ke tempat sampah yang benar. Pada kegiatan ini juga diselipkan edukasi pentingnya memilah sampah dan dampak sampah bagi kehidupan manusia.

Selanjutnya adalah kegiatan recycling kaos bekas menjadi tote bag yang bertujuan menambah keterampilan dan kreativitas peserta dalam mengurangi jumlah sampah yang ada dan mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali.

Membuat totebag dari kaos bekas

Misi ketiga adalah mengamati keanekaragaman hayati yang ada disekitar Allianz Ecopark Ancol untuk memahami betapa pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar dan memberikan pemahaman bahwa lingkungan itu dekat dan ada di sekitar kita sehingga kita harus menjaganya.

Petualangan ditutup dengan misi para peserta ditantang untuk melakukan kampanye tolak plastik sekali pakai kepada pengunjung di area Allianz Ecopark Ancol. Dengan mengkampanyekan apa yang telah dilakukan diharapkan pesan lingkungan akan terus menyebar lebih luas.

Usai menyelesaikan semua misi dalam Amazing Earth Race, para peserta melakukan refleksi kegiatan yang bertempat di Clubhouse Allianz Ecopark Ancol. Para peserta mengaku kegiatan yang dilakukan sangat menyenangkan dan menarik serta sarat akan muatan edukasinya.

Kegiatan ini menjadi awal penyemangat Teens Go Green Indonesia untuk kegiatan-kegiatan edukasi lainnya yang harapannya bisa lebih banyak lagi anak dan kaum muda yang teredukasi untuk memiliki pemahaman lingkungan dan lebih jauh mau menjadi penyebar Virus Cinta Lingkungan. (Bams)

Act Now!



Posting Komentar

0 Komentar